Senin, 18 Oktober 2010

♣¤═══۞۩Prinsip Etika Keperawatan۩۞═══¤♣

Prinsip Etika Keperawatan

1.OTONOMI

Prinsip otonomi didasarkan pada keyakinan bahwa individu mampu berpikir logis dan mampu membuat keputusan sendiri. Praktek profesional merefleksikan otonomi saat perawat menghargai hak-hak klien dalam membuat keputusan tentang perawatan dirinya.

2.Berbuat Baik ( Beneficience)

Beneficience berarti, hanya melakukan sesuatu yang baik. Kebaikan, memerlukan pencegahan dari kesalahan atau kejahatan, penghapusan kesalahan atau kejahatan dan peningkatan kebaikan oleh diri dan orang lain.

3.Keadilan ( Justice )

Nilai ini direfleksikan dalam prkatek profesional ketika perawat bekerja untuk terapi yang benar sesuai hukum, standar praktek dan keyakinan yang benar untuk memperoleh kualitas pelayanan kesehatan.

4.Tidak Merugikan ( Non Maleficience )

Prinsip ini berarti tidak menimbulkan bahaya/cedera fisik dan psikologis pada klien. Resiko fisik, psikologis maupun sosial akibat tindakan dan pengobatan yg akan dilakukan hendaknya seminimal mungkin.

5.Moral Right

Konsep Moral Right dalam Keperawatan :

5.1.Advokasi

Advokasi adalah memberikan saran dalam upaya melindungi dan mendukung hak-hak pasien. Hal tersebut merupakan suatu kewajiban moral bagi perawat, dalam mempraktekkan keperawatan profesional

5.2.Responsibilitas (tanggung jawab)

Eksekusi terhadap tugas-tugas yang berhubungan dengan peran tertentu dari perawat. Misal pada saat memberikan obat, perawat bertanggung jawab untuk mengkaji kebutuhan klien dengan memberikannya dengan aman dan benar, dan mengevaluasi respons klien terhadap obat tersebut.

5.3.Akuntabilitas (tanggung gugat)

Dapat menjawab segala hal yang berhubungan dengan tindakan seseorang atau dapat mempertanggungjawabkan suatu tindakan yang dilakukan, dan dapat menerima konsekuensi dari tindakan tersebut.

5.4.Loyalitas

Suatu konsep yang melewati simpati, peduli, dan hubungan timbal balik terhadap pihak yang secara profesional berhubungan dengan perawat.Loyalitas harus dipertahankan oleh setiap perawat baik loyalitas kepada klien, teman sejawat, rumah sakit maupun profesi.

6.Nilai (Value)

1. Aesthetics (keindahan)
2. Altruisme (mengutamakan orang lain)
3. Equality (kesetaraan)
4. Freedom (kebebasan)
5. Human Dignity (martabat manusia)
6. Justice (keadilan)
7. Truth (kebenaran)

7.NORMA MASYARAKAT

Menghargai harkat dan martabat manusia, dan tidak terpengaruh oleh kebangsaan, suku, warna kulit, umur, jenis kelamin,politik dan agama, dan sosial.Serta menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar